Creativity

Creativiy (Kreatifitas) ???

Kreatifitas adalah melakukan suatu pekerjaan yang belum selesai sebelumnya.

Kreatifitas gabungan perencanaan (plan) dan output seperti apa. Kita harus mengetahui output yang akan dihasilkan seperti apa, fungsinya apa, dan keuntungan serta kelemahannya seperti apa.

” if you dont know where you are going, you will not know when you are arrive.” – conventional view

” if i knew what i was doing, it would not be research ” – unorthodox view

Yang menjadi sulit dalam pertanyaan kali ini adalah membangun sebuah culture  para karyawan agar lebih berinovasi dan berkreatifitas.

creativityKreativitas untuk menjadikan satu set aturan dan praktek yang paling awal harus ditularkan dari domain (budaya) ke Individu. Dalam suatu organisasi, budaya diciptakan oleh level paling atas yaitu pimpinan. Seorang pemimpin harus dapat menciptakan budaya (culture) yang mendukung terjadinya suatu kreatifitas itu tumbuh subur. Lalu diturunkan kepada pada individu (staff)

Individu menghasilkan variasi baru dalam isi domain. Para staff bisa menemukan ide-ide kreatif dari setiap masalah yang ditemukan di lapangan dan merangkumnya menjadi suatu solusi yang diinginkan serta dapat menjadi best practise yang dapat dipublikasikan kepada pihak external.

Variasi kemudian harus dipilih oleh lapangan (masyarakat) untuk dimasukkan dalam domain. Dalam hal ini, masyarakat adalah juri dalam menilai hasil akhir dari setiap kreatifitas. Diterima atau tidaknya suatu kreatifitas ditentukan oleh animo masyarakat. Karenanya, suatu kreatifitas atau inovasi tidak lepas dari kebutuhan masyarakat/ customer dan harus memiliki nilai jual sesuai yang diharapkan.

“If you do not know where you are going, you will not know when you arrive.” – conventional view

“If I knew what I was doing, it would not be research.” – unorthodox view

About cheria

just ordinary people
This entry was posted in Knowledge Management, Personal Knowledge Sharing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *